Kamis, 25 Maret 2010

NAPAK TILAS PERJALANAN SUCI DHANG HYANG NIRARTHA

NAPAK TILAS PERJALANAN SUCI DHANG HYANG NIRARTHA (PEDANDE SAKTI WAWURAWUH) DI LOMBOK

PEDANDE SAKTI WAWURAWUH atau DHANG HYANG NIRARTHA selain melakukan perjalanan suci di pulau Bali, beliau juga melakukan perjalanan suci beliau di pulau Lombok. Pertama kali beliau tiba di pulau Lombok pada awal abad ke-17. Tepatnya pada tahun 1600m pada jaman kerajaan Dalem Waturenggong. Beliau yang mengemban misi dari raja Dalem Waturenggong untuk menjalin persahabatan dengan raja Sasak pada masa itu. Karena Dalem Waturenggong sangat khawatir akan keselamatn rakyatnya yang hidup sebagai nelayan karena selalu mendapat gangguan dari para nelayan dan prajurit sasak.
Adapun perjalanan beliau pada saat tiba di gumi sasak, beliau mendarat dikarang bolong yang sekarang dikenal dengan nama pura Batu Bolong. Di Pura ini beliau sempat melakukan meditasi untuk memohon petunjuk mengenai perjalanan suci yang akan beliau lakukan. Kemudian beliau melakukan perjalanan meuju utara ke pura Kaprusan, perjalanan beliaupun dilanjutkan ke tengah hutan belantara yang sekarang dikenal dengan nama hutan lindung Daun Pusuk, disini juga ada petilesan (tempat meditasi) beliau. Dan tempat ini sekarang dikenal dengan nama pura …………. Batu Beleq. Kemudian ke gunung Baliku, sebuah pura di puncak bukit dengan ketinggian 100 – 150 m dari bibir pantai.
Pura Lingsar yang dibangun pada tahun 1714 juga merupakan peninggalan beliau, dimana pura ini masih difungsikan sebagai tempat sembahyang oleh masyarakat yang beragama Hindu dan waktu telu.

Oleh : I Wayan Sumarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar