Kamis, 25 Maret 2010

Penataran Rinjani

TIRTHA YATRYA Penataran Rinjani
Wisata tirtha yatra penataran Rinjani adalah sebuah wisata religi Hindu dengan pura penataran Gunung Rinjani. Sebagai tujuan utama dimana kita bias melakukan pakemitan disertai japa dan meditasi. Lokasi pura yang terletak dikaki Gunung Rinjani tepatnya dibagian Kebaloan, sekitar 70 km dar kota mataram kurang lebih 2,5 – 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 4.
Bagi peminat perjalanan spiritual yang dating menggunakan kapal laut akan dijemput dipelabuhan Lembar menuju Lingsar dimana para peserta dapat membersihkan diri (mandi) setelah melakukan penyebrangan yang cukup melelahkan. Mandi dengan air yang sejuk dan sedikit dingin akan mampu buat kita lebih segar dan bersemangat. Perjalanan kemudian akan dilanjutkan menuju pura penataran Gunung Rinjani, namun sebelum kita sampai pada tujuan utama kita, kita juga dapat melakukan persembahyangan di Pura Gunung Baliku yang menurut cerita atau penjelasan pemangku pura tersebut, dimana Bhatara Sakti Waurawuh pernah malkukan perjalanan suci beliau di Pura ini dan melakukan meditasi dan beryoga. Pura ini terletak disebuah bukit dengan ketinggian 100 – 150 m dari bibir pantai.
Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju pura Puncak Sari Batu Beleq yang terletak dikawasan hutan Lindung Pusuk, dimana Bhatara Sakti Waurawuh juga pernah melakukan meditasi dan beryoga di Pura ini setelah itu perjalanan akan dilanjutkan menuju tujuan utama kita, PURA PENATARAN GUNUNG RINJANI.
Diharapkan kepada para peserta dapat memberikan pencerahan dan memberikan dharma wacana pada para penduduk disekitar pura sebagai kontribusi kepada para penduduk setempat dan tentunya dharmatule juga sangat penting.

Oleh : I Wayan Sumarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar